Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Konsep marketing mix merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini. Dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit.
Marketing mix terdiri dai empat komponen dalam pemasaran yang lebih dikenal dengan 4P yaitu:
Marketing mix terdiri dai empat komponen dalam pemasaran yang lebih dikenal dengan 4P yaitu:
- Product (produk)
- Price (harga)
- Place (tempat, termasuk juga distribusi)
- Promotion (promosi)
Perkembangan pemasaran pada saat ini dapat dikategorikan berada dalam persaingan yang saling menekan antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya, terlebih lagi bagi perusahaan yang mempunyai kesamaan dalam produk. Oleh karena itu PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY Tbk. menjalankan kegiatan pemasaran dengan menggunakan variabel produk, harga, promosi dan distribusi yang dikenal dengan istilah bauran pemasaran (marketing mix). Dimana implementasi dari kegiatan marketing mix yang dilakukan oleh PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY Tbk. ini dapat dilihat dalam tampilan serta content-kontent yang disuguhkan dalam situs web resminya yaitu www.ultrajaya.co.id.
Dan pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menjelaskan pengimplementasian kegiatan pemasaran marketing mix yang dilakukan oleh PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY Tbk. dalam tampilan situs resminya.
Website Ultrajaya ini hanya berisikan mengenai informasi produk dan juga kegiatan yang dilakukan hingga informasi bagi para investor. Melihat banyaknya variasi produk yang dimiliki Indofood menjadikan website tersebut menjadi mediasi untuk menginformasikan produknya yang mungkin tidak memiliki iklan komersial. Kemudian ada juga informasi kegiatan perusahaan (CSR dan Media Community), informasi untuk Investor (Annual Report) dan penjelasan mengenai Ultrajaya secara detail.
Marketing mix yang yang dilakukan pada PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY Tbk. , terdiri dari empat komponen (awal) yaitu:
Dan pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menjelaskan pengimplementasian kegiatan pemasaran marketing mix yang dilakukan oleh PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY Tbk. dalam tampilan situs resminya.
Website Ultrajaya ini hanya berisikan mengenai informasi produk dan juga kegiatan yang dilakukan hingga informasi bagi para investor. Melihat banyaknya variasi produk yang dimiliki Indofood menjadikan website tersebut menjadi mediasi untuk menginformasikan produknya yang mungkin tidak memiliki iklan komersial. Kemudian ada juga informasi kegiatan perusahaan (CSR dan Media Community), informasi untuk Investor (Annual Report) dan penjelasan mengenai Ultrajaya secara detail.
Marketing mix yang yang dilakukan pada PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY Tbk. , terdiri dari empat komponen (awal) yaitu:
- Product (produk) Dalam website ini, Ultrajaya menampilakan Produk Konsumen Bermerek yang terdiri dari tujuh kategori yaitu Susu Segar UHT, Jus Buah UHT, Minuman Teh UHT, Minuman Kesehatan UHT, Susu Kental Manis, Mentega dan Teh Celup. Lengkap dengan detail produknya.
- Price (harga) Dalam website ini, Ultrajaya tidak mencantumkan harga dari keseluruhan produk, karena harga produk dari Ultrajaya bisa berbeda setiap customernya tergantung dari retailernya.
- Place (tempat) Dalam Website ini, Ultrajaya menampilkan jalur distribusinya dan saat ini, 90 persen dari keseluruhan hasil produksi perusahaan ini dipasarkan di seluruh Indonesia, sementara sisanya diekspor ke negara-negara di Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia dan Amerika Serikat. Baik untuk pasar dalam negeri maupun ekspor, produk-produk yang dijual adalah produk yang sejenis.
- Promotion (promosi) Promosi yang dilakukan oleh PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY Tbk. antara lain :
•Tagline: Make Your Move!
•Iklan : billboard, iklan TV, sponsor acara
•Event : ULTRA MILK Gelar Aksi Charity; Make Your Move....! Bertempat di Pintu 7 Gelora Bung Karno, Senayan, ULTRA MILK menggelar aksi Charity yang diadakan untuk membantu korban Mentawai, Wasior dan Merapi dimana Ultrajaya melalui brand ULTRA MILK Flavor. Acara ini berlansung pada 5 Desember 2010.
Sumber:
wikipedia
marketing mix
Ultrajaya
kabarindo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar